Pages

Rabu, 02 Maret 2016

B16 Never Ending Family

Berawal dari masuk kuliah pada Bulan Agustus tahun 2013 kami dipertemukan dalam sebuah masa orientasi kampus yang kala itu disebut dengan Mitosis. Masuk dalam program alih Jenjang Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga tentunya ada suasana yang berbeda dengan masa kuliah sebelumnya. Di sini kita dipertemukan oleh orang-orang yang sudah senior, berkompeten, berpengalaman di masing masing bidangnya dan tentunya dalam segi umur juga nampak perbedaannya. Yup, di sini kita berbeda-beda dari seluruh nusantara berjumlah 80 orang  yang disatukan dalam sebuah kelas yang bernama angkatan sebut saja Keluarga B16. B16 yang selalu semangat dan ceria dengan jargonnya B16 Belajar Pantas Usia Tanpa Batas.
Foto Mitosis 2013
Awal-awal semester I kita dikelompokkan menjadi 8 kelompok dan selalu disibukkan dengan tugas tugas kelompok yang bermacam-macam terutama FGD dari hampir semua mata kuliah. Tugas tugas yang berkejar-kejaran kadang membuat kita betah berlama-lama di kampus terutama dengan adanya koneksi Wifi, biasanya masa-masa itu kita paling betah ngerjakan tugas di ruang baca atau gazebo kampus tapi tentunya pada saat koneksi wifi lancar jaya. Walaupun banyak tugas kita tetep nyempetin buat piknik alias rekreasi alias jalan jalan buat ngerefresh otak biar nggak ngehang, komputer aja butuh refresh masak kita nggak. Nah, jalan-jalan semester I ini kita agendakan ke Malang dengan destinasi wisata malamnya Batu Night Spectacular (BNS) dan paginya ke Taman Bunga Selecta. Kita kesana naik kereta api sama-sama dan segerbong isinya kita semua, walaupun ga semuanya ikut juga sih. Foto-fotonya dibawah ini, yang pada liat jangan baper ya ingat masa-masa itu lagi :D
 
BNS Malang Januari 2014

Selecta Malang Januari 2014

Semester II dengan kesibukan yang hampir sama sih dengan semester I. Nggak kalah dengan dengan semester sebelumnya semester II ini kita juga mengagendakan piknik, maklum mungkin kita dari luar pulau dan luar kota sehingga nggak mau ngelewatin destnasi-destinasi seru dan menarik di daerah Jawa Timur ini. Kali ini kita memutuskan untuk touring pakai motor bersama-sama dengan memakai 12 motor dan peserta 24 orang. Menurutku ini perjalanan paling seru diantara yang lainnya, bener-bener melatih kesabaran, kekompakkan, mungkin sedikit kenekatan dan keberanian. Walaupun banyak halangan rintangan saat mau sampai dari kepisah rombongan di awal, ban motor bocor 2 kali, motor mogok, sempet ada yang kepleset jatuh tapi akhirnya kita semua selamat sampai tujuan dan kembali pulang. Saat itu kita berhasil menginjakkan kaki kita di kawah bromo dan mampir juga ke air terjun Madakaripura.

Touring Bromo Juni 2014

Bromo Juni 2014

Semester III sama dengan kesibukan semester sebelumnya tapi ditambah lagi dengan adanya proposal skripsi. Nah semester III ini kita buka dengan kenangan manis sekali lagi liburan bersama, tapi kali ini pakai bis dan semuanya ikut. Liburan ini diagendakan sebelum semuanya pada sibuk ngerjain skripsi bareng-bareng dan didukung juga oleh adanya uang kas kelas yang masih sisa banyak. Kali ini kita liburan bersama ke Wisata Bahari Lamongan, disana kita jalan-jalan sekaligus menaiki bermacam-macam wahana yang kebanyakan menantang adrenalin. WBL ini terletak di pantai utara jawa sehingga udaranya juga agak sedikit lebih panas kalau pas datang kesini siang-siang. Ini juga merupakan pengalaman pertama juga bisa pergi ke kota Lamongan. Pada akhir semester III yang cukup berkesan adalah bagaimana kita akhirnya bisa bersama-sama lulus bersama dan wisuda bersama satu angkatan. Saling menguatkan dan saling memotivasi antar satu dengan yang lain saat ada yang putus asa dengan skripsi nya, walaupun sempat mengalaminya sendiri tapi akhirnya semuanya terlewati dan kita berhasil melaluinya bersama. Perjuangan pun masih berlanjut ke tahapan selanjutnya yaitu Profesi Ners.
 
Wisata Bahari Lamongan September 2014
Wisata Bahari Lamongan September 2014
Wisuda 28 Maret 2015
Profesi Ners Semester I, disibukkan dengan tugas-tugas profesi yang nggak kalah banyknya dengan tugas kuliah dan semuanya dalam bentuk tulisan tangan kecuali seminar dan penyuluhan. Pada semester ini semua sibuk dengan kelompok profesinya masing-masing.Tersebar di berbagai rumah sakit dan ruangan membuat kita semakin jarang bertemu untuk kumpul bareng, walaupun kadang kita agendakan bertemu di kosan Mas Deby biasanya yang sering digunakan karena kosnya luas dan fleksibel. Biasanya kita masak-masak dan makan-makan disitu bareng-bareng, bahkan setiap semester kita agendakan makan bersama yang biasanya disponsori oleh para PNS-er yang udah pada kerja. Biasanya setelah makan kita cerita-cerita banyak tentang pengalaman praktik, bercanda-bercanda yang kadang lebih banyak mem-bully nya dan yang di bully juga tetap itu-itu aja karena udah kebal dan saking kebalnya :p. Di semester ini kita juga diberi kesempatan untuk berkunjung dan belajar di 3 rumah sakit besar di Jakarta, yaitu RSUP Fatmawati, RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo dan RS Kanker Dharmais. Selain menimba ilmu disana kita juga menyempatkan buat jalan-jalan ke Monas, Ancol, Masjid Istiqlal, Kota Tua dan ke Thamrin City buat belanja. Pengalaman jalan-jalan yang seru juga karena baru pertama kali ini juga naik bis dari Surabaya ke Jakarta (ujung ke ujung) dan semua itu ga terasa lelahnya karena ada saja keseruan di dalam bis dan tentunya bersama kalian keluarga B16 tercinta.

Studi Tour RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo September 2015

Studi Tour RSUP Fatmawati September 2015

Studi Tour RS Dharmais September 2015
Singgah makan saat studi tour September 2015

Profesi Ners Semester II, masih sama dengan sebelumnya dan tetap disibukkan dengan tugas-tugas profesi. Perbedaannya di semester II jumlah mahasiswa di setiap kelompoknya lebih besar karena berhubungan dengan manajemen, komunitas, keluarga dan gerontik. Hal-hal yang paling berkesan adalah saat manajemen yang sampai nglembur tugas nginep di RS berhubung wifi nya lancar ples ruangannya ber-ac jadi betah banget lama-lama disitu. Di semester ini kita juga nggak lupa tetep merancang liburan, liburan yang selama ini di idam-idamkan dan ketunda lama banget. Yup, semester ini kita liburan ke Pantai Gili Labak Madura. Akhirnya kita jadi pergi ber-20 orang dengan menyewa travel dan meeting poinnya di Bangkalan. Di Pantai ini kita ambil paket nginep semalam dan seru-seruan di sana, mendirikan tenda, bakar ikan, bakar jagung dan nyanyi-nyanyi di pinggir pantai malam-malam sampai akhirnya bubar karna hujan. Pengalaman yang seru dan pertama kali juga ngecamp bareng di pinggir pantai, kalau udah di rumah nggak bisa ngrasain kayak gitu kayaknya dan nggak bakal dibolehin juga kayaknya. Hhee :P

Gili Labak Desember 2015
Gili Labak Desember 2015

Dan akhirnya 2,5 tahun itu terlewati juga tanggal 22 Januari 2016 menjadi tanda berakhirnya profesi Ners. Pada tanggal 15 Februari 2016 kita di Yudisium dan dinyatakan lulus Program profesi pendidikan Ners di Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga. Iya itu adalah saat yang dinanti-nanti sampai-sampai di grup watssap selalu dihitung mundur waktu berakhirnya profesi. Tepat pada tanggal 1 Maret 2016 akhirnya kita di lantik dan di sumpah untuk menjadi perawat yang sebaik-baiknya sesuai dengan sumpah/janji yang kita ucapkan di depan para pembimbing, tamu undangan dan keluarga kita tercinta. Momen paling mengharukan saat pelantikan adalah saat salam-salaman dengan semuanya, begitu terharu telah menyelesaikan pendidikan dengan segala hambatan dan perjuangan yang panjang, begitu terharu berpisah dengan teman-teman dan keluarga senusantara, begitu terharu mengingat kebersamaan kita selama ini. Akhir kata selamat berjuang teman-teman semua, semoga sukses senantiasa bersama kita semuanya. Ehm, buat yang selama ini yang jadi pejuang jarak atau LDR-an sama keluarga, anak, suami, pacar, maupun calon suami selamat berkumpul kembali dengan orang-orang yang kalian sayangi. Buat yang menemukan jodohnya sekelas selamat juga, selamat LDR-an semoga segera di sahkan biar nggak lama-lama LDR-an nya. :D Yang mau nikah jangan lupa nyebar undangan kalau bisa tiket nya sekalian *ngarep*. Buat yang masih single single juga nggak lupa semoga segera ketemu jodohnya, amiinn :D

Semoga nanti aku bisa ke tempat kalian semuanya gengs, love u all. Salam hangat selalu untuk keluarga senusantaraku B16 Never Ending Family.

Pelantikan Ners Periode I FKp Universitas Airlangga 01 Maret 2016

Pelantikan Ners Periode I Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga 01 Maret 2016



1 komentar: