Pages

Senin, 29 Desember 2014

Hari Relawan Palang Merah Indonesia

Hari Selasa tanggal 23 Desember 2014, hari itu terlihat sedikit kesibukan dan ramainya halaman kantor balaikota Surabaya atau di Taman Surya. Hari itu dilakukan upacara memperingati hari relawan Palang Merah Indonesia yang sebenarnya jatuh pada tanggal 26 Desember. Upacara dihadiri oleh seluruh relawan dari Jawa Timur baik dari PMR, KSR, TSR dan instansi-instansi terkait, tak terkecuali para pejabat yaitu ibu Tri Rismaharini selaku walikota Surabaya dan Ketua PMI Jawa Timur bapak H. Imam Utomo S. Upacara dimulai pada pukul 08.00 dan selesai pada pukul 08.45. Setelah upacara, tim PMI kota Surabaya bersama dengan dinas pemadam kebakaran dan bazarnas menampilkan simulasi kebakaran yang terjadi di kantor Balaikota Surabaya.


 (Foto sebelum upacara)

Flashback sebentar, di sini aku yang dari dulu memang pengen ikut PMI sejak kuliah di Yogyakarta dan belum kesampaian, akhirnya pas kuliah di Surabaya dan menjadi perantau akhirnya kesempatan gabung dengan PMI Surabaya pun terbuka. Saat itu pada bulan Mei 2014 ada perekrutan anggota TSR PMI kota Surabaya. TSR adalah Tenaga Sukarela yang berasal dari berbagai macam profesi, di sini aku mendaftar sebagai perawat dengan menggunakan ijasah D3 ku dulu. Setelah bergabung dengan tim TSR Surabaya, kegiatan yang selama ini dilakukan adalah bakti sosial yang selalu diadakan bersama dengan pemerintah Surabaya setiap bulannya. Di situ aku bisa melihat bagaimana kota Surabaya memiliki program yang begitu bagus, terjun langsung ke masyarakat dan terintegrasi dengan dinas-dinas terkait lainya dalam melayani kebutuhan masyarakat dengan secara langsung (jemput bola). Selain itu aku juga bisa sekalian jalan-jalan dan melihat daerah-daerah lain selain sekitaran kampus, istilahnya melihat sisi lain dari kota Surabaya dengan segudang keramaiannya dan banyaknya Mall Mall yang berdiri disana, hhee

 (foto narsis)

Oke kembali ke konteks awal, hari relawan. Sebelum hari H, kita sudah diberi tahu oleh koordinator KSR dan TSR PMI Surabaya untuk latihan simulasi kebakaran dan  menyusun skenario serta kasusnya. Kita latihan bersama sebenarnya hanya 3 kali waktu itu, mengingat kesibukan teman-teman TSR ada yang sudah bekerja sehingga kadang harus menyesuaikan jadwal mereka. Akhirnya hari H pun tiba, kita dengan penuh semangat dan agak sedikit nerveous pun berhasil melakukan simulasi kebakaran yang sudah dipersiapkan sebelumnya. Yah walaupun evaluasinya dari 100% kita peroleh 75% lah, lumayann hhee... o iya kata bu risma kemarin evaluasinya jika kekurangannya ada pada fisiknya. Kayaknya emang kita kurang olahraga bu, hhii...

Setelah upacara dan acara simulasi selesai kita juga ga lupa lho bisa foto ama ibu walikota kita tercinta, Ibu Tri Rismaharini :)
(foto setelah upacara dan simulasi)

Tapi over all aku bangga ikut ambil bagian dari acara ini, bangga sebagai relawan Palang Merah Indonesia, bangga sebagai warga pendatang yang ikut mengabdi di kota pahlawan Surabaya. Sepertinya aku mulai jatuh cinta pada kota ini, ecieee... Semoga aku tetap komitmen dan selalu bisa ikut berpartisipasi dalam kegiatan PMI kota Surabaya. Selamat hari Relawan Palang Merah Indonesia Semuanya. Proud to be Volunteer!

(Foto bersama sama)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar